Biografi Muhaimin Iskandar

22.20
Muhaimin Iskandar
Pria kelahiran Jombang, 24 September 1966 ini, merupakan salah seorang politisi yang sekaligus aktivis yang sangat peduli kepada perjuangan demokrasi, dia sangat aktif sejak mahasiswa di UGM dan PMII dalam melawan otoritarianisme dan sentralisasi. Muhaimin sangat menyukai bidang jurnalis, terutama bidang tulis menulis, bahkan pasca sarjananya mengambil program manajamen komunikasi di sebuah Universitas Negeri di Jakarta.
Sebagai wadah perjuangannya, karir politiknya dimulai ketika dirinya bersama para senior NU ikut mendirikan Partai Kebangkitan Bangsa, setelah menjadi Sekjen PKB, dia kemudian menjadi anggota DPR sebagai ketua fraksi, kemudian karir tertingginya yang dia capai adalah menjadi Wakil Ketua DPR Kordinator bidang Perindustrian perdagangan dan pembangunan.
 
Muhaimin termasuk seorang politisi senior di DPR, dirinya terpilih untuk kedua kalinya, sejak DPR Periode 1999-2004 hingga Periode 2004-2009. Hal tersebut menunjukkan Muhaimin masih dicintai oleh konstituennya dan menjadi penyambung lidah rakyat
Di Parlemen, menurut Muhaimin, dirinya akan berusaha berjuang agar DPR menjadi motor pembaharuan dari sistem ketatanegaraan.
 
Muhaimin menambahkan, hidup adalah perjuangan, hidup adalah bagaimana bisa bermanfaat bagi manusia lainnya. Sementara itu, disela-sela kesibukannya, dirinya masih menyempatkan diri untuk menulis dan membaca bahkan beberapa buku telah ditulisnya. Dirinya masih menyempatkan mengisi acara di beberapa radio yang mengangkatnya sebagai konsultan utama.
 
Riwayat Pendidikan:
 
- Mambaul Maarif Deenanyar, Jombang
- SMAN 1 Yogyakarta
- Fakultas Syariah IAIN Yogyakarta
- Fisip UGM Yogyakarta
- Pasca sarjana UI Program Manajemen Komunikasi
 
Riwayat Pekerjaan:
 
- Wakil Ketua DPR RI
- Ketua Fraksi PKB DPR RI
- Kadiv. Penelitian LPU, Jakarta
- Sekretaris LKIS Yogyakarta
- Staf pengajar Pesantren Deenanyar, Jombang
 
Riwayat Organisasi:
 
- Ketua DPP PKB
- Sekjen DPP PKB
- Pimpinan Pusat Lajnah Ta'lifwan Nasyr NU
- Ketua Umum PB PMII Yogyakarta
- Ketua Korps Mahasiswa Fisipol UGM
 
sumber: dpr.go.id

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »